Sabtu, 22 Februari 2014



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEibzn26zegQfwPO6qI1nv3hacpwAe6WUIWYYlxbk_Gqq1GspdZJp7gdv17abSZU5pvp85CeuvRmOo_dQ0QbfR7YP6V29NqluwyvMTV8hZxgrJSoqBvO-_-wOugCfVNJeaxG4zmc8hPsU_M/s320/2012-07-05+07.34.13.jpg





Resensi Buku Buku Non Fiksi
1.      Judul               : PELANGI BAHASA SASTRA DAN BUDAYA INDONESIA
2.      Pengarang       : Yuana Agus Dirgantara
3.      Penerbit           : Garudhawaca Digital Book and POD
4.      Tahun Terbit    : 2012
5.      Tebal Buku      :  167 halaman
6.      Jumlah Halaman: 158 halaman
7.      Ukuran Buku : 14,5 x 21 cm

Dalam buku berjudul Pelangi Bahasa Sastra Dan Budaya Indonesia ini, berisi 10 makalah yang ditulis oleh Yuana Agus Dirgantara beberapa tahun terakhir. Perhatiannya di bidang sastra, budaya dan pendidikan sastra cukup tajam dan karenanya seluas itulah bidang yang ia soroti. Dalam buku ini terdapat tiga bab yang sangat bagus untuk dipelajari. Bab tersebut adalah Budaya, Pendidikan Bahasa, dan Sastra.  Pada bab satu terdapat sub-sub bab,yaitu : Relevansi Permainan Tradisional dari Kacamata Popular Culture, Menyorot Teks dan Maksud dalam Karya Moral, dan Etnografi  dari Sudut Pandang Metode.
Sedangkan pada bab dua dijelaskan mengenai Problematika Pembelajaran Bahasa dan Sastra di Sekolah, Menyoal Tentang Antonimi, Inovasi Pembelajaran Puisi Berbasis Cooperative Learning, dan sebuah Kajian Etika. Bab ini mempunyai manfaat yang sangat besar bagi para pembacanya terutama bagi calon guru Bahasa Indonesia. Karena dalam buku ini dijelaskan dengan jelas dan mendetail tentang ilmu-ilmu bahasa.
         Pada bab yang terakhir yaitu bab tiga, dijelaskan tentang sebuah kajian strukturalisme novel Ladang Perminus Karya Ramadhan. Selain itu, juga dijelaskan mengenai kritik sastra : Sebuah Pendekatan Psikologi Sastra. Dalam bab ini, membahas struktur sebuah novel dengan unsur-unsur intrinsik yang padu sehingga mampu menciptakan nilai estetika yang tinggi. Dapat juga dilihat mengenai pengertian, konsep, dan kriteria Psikologi Sastra yang dapat memberi gambaran secara luas bagi pembaca mengenai Psikologi Sastra.
     Kelemahan dan kelebihan :
       Dalam buku ini, isi buku sudah lengkap sehingga tidak memerlukan buku referensi yang lain lagi  dan sangat cocok untuk di baca khususnya bagi para calon guru Bahasa. Banyak manfaat dan keuntungan yang dapat kita ambil setelah membaca buku ini. Buku ini memberikan banyak ilmu pengetahuan baru yang mungkin selama ini sering kita  dilupakan . Penjelasan yang diberikan pada buku ini cukup jelas dan mudah untuk dipahami maknanya. Penulisannya juga sudah sistematis sehingga tidak membingungkan pembaca.
Selain memiliki kelebihan, pada buku ini juga terdapat kelemahan karena tidak ada sesuatu hal yang sempurna kecuali Tuhan Yang Maha Esa. Adapun kelemahan tersebut adalah masih adanya beberapa kata yang dalam penulisannya kurang tepat dan tidak sesuai dengan EYD. Selain itu, penulis juga kurang kreatif dalam memberikan cover pada buku ini. Akan lebih menarik apabila buku ini cover depannya diberi sentuhan gambar agar dapat menarik perhatian pembaca.
Demikian yang dapat saya sampaikan pada resensi buku non fiksi Pelangi Bahasa Sastra dan Budaya Indonesia ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar